KRAFT CROLETTE, Menu Spesial Untuk Apresiasi Puasa Anak

 

https://www.dailyapreal.com/2022/04/kraft-colette-menu-spesial.html
“Marbahan yaa ramadan…Marhaban yaa ramadan…”

Alhamdulillah, tahun ini Allah masih memberi kita kesempatan bertemu dengan bulan ramadan. Bulan yang spesial bagi umat muslim. Sama seperti tahun sebelumnya, kali ini anak-anak  pun berlatih berpuasa. Bedanya, tahun ini saya mencoba strategi baru agar anak semangat puasa.


Puasa Anak Kecil Di Masa Sahabat Rasulullah

Puasa adalah salah satu pilar dalam Islam. Ibadah yang nggak hanya melatih ruhani, tapi juga jasmani. Puasa membuat anak belajar ikhlas, merasa diawasi oleh Allah saat sendirian, menahan diri dari keinginan untuk makan dan minum. Puasa juga menguatkan daya kontrol anak (self control) terhadap segala keinginan. Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk kehidupan di masa depan anak.

Moms, di masa sahabat Rasulullah anak-anak di didik  untuk melakukan ibadah puasa. Emang benar sih, anak kecil yang belum baligh nggak diwajibkan. Namun, alangkah baik kalo mereka dilatih sejak dini. Bisa karena terbiasa.


Tau nggak Moms, ternyata para sahabat punya trik jitu lo untuk menghibur anak-anak yang berpuasa. Mereka mengajak anak-anak ke masjid dan membuat permainan yang terbuat dari kain wol. Biasanya di tengah hari ada saja anak yang menangis karena lapar, mereka dihibur dengan diberi permainan lagi hingga waktu berbuka tiba. Sehingga lamanya hari yang mereka lalui dengan berpuasa tidak terasa.       


Mindful Berpuasa Dengan Aktivitas Menyenangkan

Berkegiatan bersama anak-anak di rumah memang sangat menyenangkan. Kita bisa eksplor potensi anak sekaligus memberikan stimulus yang tepat. Bermain menjadi sarana belajar anak yang dunianya ya dunia bermain. Nggak pernah ada ceritanya mereka bosan bermain.

https://www.dailyapreal.com/2022/04/kraft-colette-menu-spesial.html

                                

Seperti yang telah dicontohkan oleh para sahabat dalam mendampingi anak-anak berpuasa. Saya pun memilih bermain sebagai strategi untuk mendorong anak semangat puasa. Board game salah satunya, memanfaatkan barang yang ada di rumah. Permainan ini pun tidak membutuhkan terlalu banyak gerakan badan sehingga anak nggak gampang lelah. Selain itu, saya juga menyiapkan beberapa printilan sebagai amunisi pelengkap diantaranya, ibadah tracker, good deeds, reward pouch, topik obrolan harian selama ramadan, memory game, dan beberapa book activity.  


Cara Membaca Label Kemasan Makanan

Nggak hanya bermain, kegiatan lain yang bisa membuat anak antusias puasa adalah menyiapkan sajian berbuka puasa. Bikin yang mudah dan cepet masaknya, maklum masih ada balita yang kadang nggak bisa disambi dengan kegiatan lain.

Ketika puasa asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus diperhatikan ya moms. Kita harus cermat ketika memilih bahan makanan. Pengalaman awal ramadan, si bungsu sakit diare selama seminggu lebih. Salah satu penyebabnya mungkin bahan makanan yang kurang steril atau tidak bisa diterima tubuh anak.

Penting banget lho Moms, membaca label kemasan makanan untuk memastikan apakah suatu produk mengandung alergen yang bisa memicu alergi anak.

Label pada kemasan makanan berisi informasi tentang isi, jenis, komposisi zat gizi, tanggal kadaluwarsa, label halal, dan keterangan penting lainnya. Dengan memperhatikan label kemasan kita mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam makanan tersebut.

Moms bisa mengikuti tips berikut ini saat membaca label kemasan makanan.

  • Perhatikan Informasi Nutrisi
Moms, pertama kali yang perlu diperhatikan adalah komposisi (ingredients) dan informasi nilai gizi (nutrition facts). Daftar komposisi menyebutkan bahan makanan mulai dari kandungannya paling banyak hingga paling sedikit jumlahnya.
 
Sedangkan informasi nilai gizi berisi informasi jumlah kalori, pemenuhan angka kecukupan gizi (AKG), dan jumlah nutrisi, vitamin, dan mineral (kandungan zat besi, kalsium, natrium, dan banyak lagi).
 
  • Pastikan Komposisi Bahan Utama
Menurut The US Dietary Guidelines, fungsi label membantu konsumen mencari tahu komposisi produk makanan dan minuman. Moms akan mendapat informasi apakah suatu produk mengandung protein susu sapi atau telur, gula tambahan, biji-bijian utuh atau olahan.

Baik bahan alami maupun buatan mungkin ditulis dengan nama yang asing bagi kita. Pastikan jika bahan yang dipilih tidak mengandung alergen. Jadi Moms bisa lebih selektif dalam memilih makanan untuk keluarga tercinta. 
 
  • Perhatikan Tabel Nutrisi
Selanjutnya yang nggak kalah penting adalah melihat bagian tabel informasi nilai gizi pada produk makanan. Moms bisa menemukan takaran saji pada tabel tersebut, juga jumlah kalori, hingga jumlah nutrisi beserta AKG (angka kecukupan gizi) yang terkandung dalam makanan tersebut Sehingga Moms bisa menilai kesesuaiannya dengan asupan harian. 

Keju KRAFT Cheddar #KejuAsliCheck


https://www.dailyapreal.com/kampanye-keju-asli-check.html


Anak-anak nih suka banget sama keju, dicemil aja tanpa ada temennya pun okey, apalagi kalo diolah jadi makanan favorit mereka. Penolong banget buat saya pas nggak punya ide resep makanan yang mau diolah. Makanya, di rumah selalu sedia stok keju.

Keju KRAFT menjadi keju pilihan keluarga saya. Mengapa keju KRAFT? Menurut saya keju KRAFT udah lolos uji sebagai bahan pangan.

Kok bisa? Iya, Moms bisa melakukan CEK KLIK pada keju KRAFT sesuai dengan himbauan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia. Ada 4 hal yang harus kita lakukan dalam memilih dan memilah bahan pangan, yaitu Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Tanggal Kedaluwarsa. 

https://www.dailyapreal.com/cara-membaca-label-kemasan-makanan.html

1. Cek Kemasan

Moms, pastikan kemasan selalu dalam kondisi sempurna. Kalau kemasannya kaleng jangan sampai penyok, menggelembung atau terbuka tutupnya. Kemasan keju KRAFT saya pun masih sempurna, tertutup rapat dan ngga ada bagian yang sobek atau penyok.

2. Cek Label

Moms, pastikan ada 6 faktor yang tercantum pada label yaitu nomor izin edar, komposisi, nama produk, jenis, kode produksi dan tanggal kedaluwarsa.

Coba deh lihat bahan utama Keju KRAFT! Keju cheddar berada pada komposisi pertama. Bukan air atau tepung!

Keju cheddar ini adalah keju asli New Zealand pada urutan pertama yang dilengkapi dengan nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, serta sumber protein dan Vitamin D.

3. Cek Izin Edar

Bahan pangan yang punya izin edar biasanya mencantumkan nomor registrasi dari BPOM. Pastikan juga kehalalan bahan pangan dengan cek tanda khusus untuk produk non halal.

4. Cek Kadaluwarsa

Bahan pangan yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya beresiko tinggi. Selain kualitas makanan sudah berkurang atau hilang, dan mengalami perubahan komposisi kimia tertentu yang berbahaya.

 

KRAFT Crolette, Apresiasi Untuk Anak Yang Berpuasa

Nah, sekarang saya dan anak-anak mau coba resep baru nih. Namanya Crolette. Apa sih Crolette itu?

Jadi Crolette adalah Crown Omelette atau omelette bermahkota yang spesial dengan bahan yang mudah ditemukan di dapur. Cocok banget buat anak-anak yang pingin sajian nikmat, tapi mudah dibuat.

Bahannya pun mudah, cukup 3 bahan saja.

Bahan:

  1. Dua butir telur
  2. KRAFT Cheddar mini (30 gr)
  3. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok telur sampai rata
  2. Panaskan teflon, masak telur di atas teflon, kemudian gulung. Sisihkan!
  3. Parut KRAFT Cheddar Mini di atas teflon yang kering.
  4. Letakkan Omelette di atasnya dan masak dengan api sedang selama 2-4 menit atau keju berubah keemasan.
  5. Angkat dengan spatula, sambil dibentuk crown sampai keju kaku.
  6. Sajikan

 Mudah kan Moms. Yuks, simak tutorialnya.

 



Ohya Moms, agar bisa membentuk Crown Sempurna pastikan gunakan keju asli KRAFT Cheddar karena kandungan protein dan kalsium tinggi, membantu membentuk crown sempurna. Jadi nggak mudah patah saat dipanaskan dan dibentuk.

Gunakan juga KRAFT Cheddar mini karena takarannya pas banget buat satu resep.   

 

Mengapa harus membuat KRAFT Crolette

KRAFT Crolette nih wajib dicoba lho Moms. Mengapa? Bahannya praktis hanya 2 bahan yaitu KRAFT Cheddar mini dan telur. Menu makanan yang mengandung protein dan kalsium tinggi. Bagus banget untuk menunjung tumbuh kembang anak. Rasanya pun gurih lezat tanpa tambahan perasa, karena berasal dari keju asli.

Satu menu Crolette ini memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium. Jadi, cocok banget dikonsumsi saat anak-anak puasa. Karena protein dapat membantu menjaga tetap kenyang.


Penutup

Jangan lupa untuk selalu mengecek label pada kemasan produk. Keju KRAFT Cheddar telah memenuhi cek klik 4 yaitu, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa.

Yuk Moms, bikin menu  praktis cukup dengan 2 bahan untuk 1 resep KRAFT Crolette. Menu ini cocok untuk sahur karena bahannya mudah, tinggi protein dan kalsium, rasanya pun gurih dan lezat dari keju asli yang bikin tetap kenyang. Selain itu cepat proses masaknya.

 

Referensi:

Gambar pribadi olahan Canva

Suwaid, Muhammad. “Mendidik Anak Bersama Nabi”. 2017. Solo: Pustaka Arafah.

Rahmadani Anisa, ”Membaca Label Kemasan”, https://www.generasimaju.co.id/alergianak/artikel/membaca-label-kemasan, diakses pada tanggal 16 April 2022 pukul 10.15

Nurhanisah, Yuli, ”Ingat, Cek KLIK Sebelum Membeli Pangan Aman”, https://indonesiabaik.id/infografis/ingat-cek-klik-sebelum-membeli-pangan-aman, diakses pada tanggal 16 April 2022 pukul 11.30

 

 

Komentar

  1. Menarik banget emang crolette ini ya, kalau anakku senang banget karena bentuknya unik haha. Pun dia juga suka banget sama telur dan keju

    BalasHapus
  2. Mantap nih menunya. Anak bakal makin semangat kalau apresiasinya berupa sajian lezat bergizi begini

    BalasHapus
  3. Ide brilian banget ini mbaaa
    siapp, aku juga pengin cuss beli KRAFT
    Pasti anak bakalan hepi yaa, kalo emaknya masakin ini
    nurul https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    BalasHapus
  4. setuju banget sebelum membeli sesuatu, cek label kemasan. kita bisa lihat banyak informasi yang tertera ya. Baru sadar ternyata komposisi pertama yang tertulis di packaging keju KRAFT adalah keju cheddar. keju kesukaan pak suami nih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, aku pun pas awal tahu juga amaze. ternyata isinya emang keju, bukan tepung dan air

      Hapus
  5. KRAFT Crolette-nya cakep Mbak...Serius bisa jadi menu spesial Ramadan nih buat anak-anak.SAya meski anak sudah SMP dan SMA biar mereka semangat puasa juga masih nanya, mau buka apa, dimasakin apa nanti dll dst.
    Dan setuju, untuk selalu mengecek label pada kemasan produk. Seperti keju KRAFT Cheddar yang telah memenuhi cek klik 4 yaitu, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, ibunya harus punya banyak strategi dan cara untuk support anak2 puasa ya

      Hapus
  6. Kraft ini, jadi andalan banget saat sahur. Masaknya gampang rasanyapun lezat.

    BalasHapus
  7. Aku pernah nih lihat tutorialnya. Tapi belum pernah bikin ommelete crown itu. Kayanya kok enak

    Tapi bikinnya mayan menantang ya.. 😁

    BalasHapus
  8. Keju andalan di rumah nih Mom, kebetulan memang semua fansnya keju hehehe. Ternyata buat Crolette ini simple banget ya. Sebelumnya juga sering buat telur dengan keju, tapi kejunya langsung diparut bareng waktu masak telurnya. Kyknya perlu langsung coba resep crolette ini deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk di coba mbak, nambah daftar resep andalan keluarga

      Hapus
  9. Salah satu merk keju yang selalu dibeli karena gampang banget menemukan Kraft. Juga mudah digunakan untuk baking dan masakan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah di temukan dan kandungannya keju asli

      Hapus
  10. Dengan keju KRAFT, bikin crown nya lebih sempurna ya. Garing dan kriuk, Anka makin suka saja jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak,,, meski crownnya belum sempurna tapi rasanya enduls

      Hapus
  11. Keju dan telur memang perpaduan yang pas ya. Keju dengan bentuk unik pasti bikin anak-anak makin lahap makannya, apalagi pakai keju Kraft.

    BalasHapus
  12. Keju dan telur adalah dua hal yang nggak pernah ditolak anak-anak. Aku masih gagal sih bikin crownnya tapi tetep endezz sih rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak....ini juga belum sempurna crownnya

      Hapus
  13. Anak yang lagi belajar puasa memang harus dikasih kegiatan yang menyenangkan biar happy puasanya, ya. Trus dikasih reward menu sahur atau iftar yang enak & bernutrisi seperti KRAFT Crolette biar semangat.

    BalasHapus
  14. anakku juga senang banget kalau dibikinin crolette ini, mbak. langsung mereka serbu begitu omeletnya masak. memang sih keju cheddar kraft enak banget anak-anak pada doyan

    BalasHapus
  15. Aaah.. Jadi inget pas buat crown pertama kali meleyot.. Hehe

    BalasHapus
  16. Menjadi Ibu yang bijak dengan memasak menu yang disukai anak-anak plus memenuhi nutrisi mereka. Salah satunya dengan mencoba menu KRAFT Crolette. Aiih, cantik banget mahkota kejunya...

    BalasHapus
  17. kebayang gurihnya crolette antara telur dan keju, kombinasi yang pas!! tinggal makannya aja cocol mayones dan cream, ulalaaa....

    BalasHapus

Posting Komentar