Amunisi Untuk Blogger Pemula

www.dailyapreal.com  Hai Moms! Apakah diantara Moms ada yang sedang merintis perjalanan di dunia blogging? Sama dong dengan saya. Dunia blogging menjadi pilihan kegiatan di sela rutinitas harian rumah tangga. Semakin ditekuni blogging ternyata menambah indeks bahagia loh. Alhamdulillah, seiring dengan bertambahnya momblogger keren, dailyapreal.com pun mulai bertumbuh.

 

Bulan ini saya mendapat kesempatan untuk melatih keahlian blogging bersama ISB. Senangnya ketika tau saya menjadi salah satu dari 25 blogger terpilih dari 97 pendaftar. Kapan lagi bisa nimba ilmu luar biasa secara gratis, betul ngga Moms?

 


Sebagai blogger pemula pastinya saya pernah merasa tidak tahu arah. Mau diapakan domain yang sudah terlanjur dibeli? Sayang sekali sudah mengeluarkan uang tapi tidak difungsikan dengan sebaik-baiknya. Padahal untuk memulai sebuah blog prosesnya tidak mudah loh.

Nah, saya akan berbagi tentang apa saja sih yang harus disiapkan oleh blogger pemula.

 

·     Membuat Blog

 

Blog itu seperti diari online yang berisi pemikiran dan pandangan pemilik blog. Sebelum memulai perjalanan di dunia blogging, tentukan dulu dimana tempat kita akan mulai bercerita atau istilahnya platform blogging. Banyak referensi platform yang bisa dipilih baik yang berbayar maupun yang gratis. WordPress dan blogger sepertinya masih mendominasi di kalangan momblogger.

 

Sebaiknya Moms memilih platform yang nyaman, mudah digunakan dan sesuai kebutuhan. Saya sendiri masih nyaman menggunakan blogger.


 

·     Menentukan Topik Blog/ Niche

 

Setelah memilih platform selanjutnya  Moms bisa menentukan topik blog atau niche. Ada banyak keuntungan yang diperoleh dengan menentukan niche blog, salah satunya Moms akan lebih fokus pada topik tertentu yang dikuasai. Jenis-jenis niche ada banyak diantaranya yang popular tentang kecantikan, teknologi, kesehatan, parenting, travelling dan lifestyle. 


Saya sendiri memilih lifestyle sebagai niche blog yang menceritakan lebih dari satu topik, seringnya tentang pengasuhan dan berbagi pengalaman sih. Kalau Moms, mau pilih topik apa?  

 

RelatedPost : https://www.dailyapreal.com/2021/10/jalan-menjadi-blogger-profesional.html

 

·     Membuat Kontent

 

Menulis dan mengoperasikan laptop/ komputer/ handphone merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang blogger. Moms perlu memperhatikan beberapa teknis umum ketika menuliskan pemikiran di blog. Apa sajakah itu? Yuk, simak!

  • Menulis dengan gaya bahasa sendiri
  • Menulis seperti mengobrol
  • Tidak copy paste. Jika mengutip dari sumber lain tidak melebihi dua kalimat dan tulis kembali dengan gaya bahasa Moms. Jangan lupa juga untuk menyertakan sumbernya diakhir tulisan
  • Menulis sebanyak 500-1200 kata
  • Satu paragraf maksimal terdiri dari 4-5 kalimat  
  • Pilih font yang mudah dibaca
  • Lengkapi tulisan dengan infografis, foto dan video. Minimal 3-4 foto jika banyak bisa di kolase.

 

·     Mengedit

 

Setelah selesai menuangkan pikiran dalam tulisan, saatnya membaca ulang dan mengedit tulisan. Apa saja yang bisa Moms lakukan di proses edit ini?

  • Mengecek kesalahan tanda baca dan penulisan. Untuk memudahkan Moms bisa melihat kesalahan penulisan atau mencari padanan kata di KBBI.
  • Mengecek apakah antar paragraf nyambung ngga isinya.
  • Moms juga bisa mengecek apakah tulisan kita mengandung unsur plagiat atau tidak di situs https://plagiarismdetector.net/. Moms tidak usah panik jika masih terdapat bagian yang terdekteksi plagiat, parafase saja kalimat tersebut sesuai gaya bahasa kita.  
  • Baca ulang secara keseluruhan tulisan Moms, posisikan sebagai pembaca dan rasakan ritme tulisan kita. Udah enak belum?

 

·     Promosikan Kontent

 

Terakhir, segera publish tulisan di media sosial yang dimiliki. Media sosial merupakan sarana untuk mempromosikan tulisan yang telah kita buat. Sayang banget kan, kalau tulisan kita tidak ada yang membaca. Maka, manfaatkan daya jual sosial media ketimbang sibuk stalking kehidupan orang lain. Setuju ngga Moms? Xixixixi…

 

Itulah beberapa amunisi yang bisa Moms coba untuk meramaikan blog yang sudah di buat. Gimana, mudah bukan? Yuks, sharing pengalaman Moms ketika mengawali perjalanan blogging. Tulis di kolom komentar yuks…  

 

   

Komentar

  1. ilmu banget ini buat saya yang sudah lama off ngeblog dan sekarang baru mulai ngeblog lagi hehe makasih Mbak

    BalasHapus
  2. Wah keren Kak ikut kelas ISB, nggak semua bisa konsisten hihi

    Makasih Kak sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi tantangan terbesar itu ya konsisten

      Hapus
  3. Happy bloging. Semoga ngeblognya bisa konsisten ya. Krn yang menantang itu justru bukan kapasitas teknisnya, itu mah bisa dapat di mana aja. Tapi menurutku justru memaintain konsistensi dan gairah ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak,,,kadang pas mentok ndak nemu ide ngaruh ke mood nulis lo

      Hapus
  4. terimakasih sharing nya kak, bener banget ini. kalo blogger pemula harus jadwalin bikin tulisan minimal 1 kali seminggu. jangan lupa share juga di medsos biar makin banyak yang berkunjung dan baca tulisan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak itu dah minimal banget 1 week 1 post

      Hapus
  5. Boleh tanya ya? Saya lama vakum ngeblog dan baru aktif lagi ini jadi ketinggalan istilah dan komunitas...ISB apa ya mbak? Gimana caranya ikutan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komunitas Indonesian Social Blogpreneur mbak... bisa berkunjung ke media sosialnya ISB. nanti disana ada informasi cara gabungnya. Saya juga msih newbie di sana

      Hapus
  6. Wah keren banget artikelnya. Kalau boleh tahu ISB itu apa Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak...Komunitas Indonesian Social Blogpreneur

      Hapus
  7. Wah saya baru kepikiran untuk selalu cek plagiarism nih hehe.. Makasi banyak ya Mbak Referensinya. Dapat amunisi baru jadi makin semangat ngeblog rasanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jgn sampai lupa cek. Semnagat ngeblog

      Hapus
  8. Hai-hai-hai Mbak. Wah andaikan aku sudah membaca artikelmu sebelum membuat Blog. Mungkin aku tak akan kesulitan dalam menentukan apa saja yang akan kubahas dalam tulisanku.

    Aku bahkan sampai kini masih belum bisa menentukan menu apa saja yang harus kucantumkan.

    BalasHapus
  9. Bismillahirrahmanirrahim, dirutinkan dulu ngeblog seminggu sekali. Nanti, secara bertahap saya benahi blog saya, agar tak hanya sekadar blog

    BalasHapus
  10. Aku jarang cek sih untuk plagiarisme lewat link tersebut. Next mau cek deh biar makin yakin

    BalasHapus
  11. Keren banget, kak
    Ini tugas buat ISB,ya
    Semoga kita tuntas sampai akhir ya

    BalasHapus
  12. wah selamat ya mbak keren ih terpilih, aku satu dari yang gak lolos ikut kelas ini heheh tapi tak apa insya allah semangat belajarnya tetap membara senang deh bisa ikutan baca artikel ini

    BalasHapus

Posting Komentar