Ibu, ‘Yuk Bersyukur !

www.dailyapreal.com — Ibu, bagaimana kabarmu hari ini? Mungkin kabar kita tidak jauh berbeda. Masih setia bergumul dengan rutinitas ke-ibu-an sejak mata ini terbuka hingga nanti terpejam lagi. Sungguh sangat sibuk sekali harimu, Ibu. Sungguh luar biasa pula dedikasimu untuk keluarga, Ibu.

Tak jarang ketika seorang Ibu hendak menambah wawasan seputar rumah tangga, pengasuhan atau passionnya. Harus berdamai terlebih dulu dengan situasi diri dan rumah. Siang hari, anak-anak masih aktif dan produktif sehingga tidak bisa di tinggal tanpa pendampingan ibu. Apalagi saat sekolah daring. Ibu dituntut ada di samping anak.

Malam hari, tersisa rasa lelah dan kantuk yang tidak tertahan. Keinginan untuk rebahan sejenak berakhir amblas hingga dini hari. Akhirnya, Ibu harus mengatur ulang waktunya agar bisa memenuhi kebutuhannya dalam menuntut ilmu.

Ibu, syukurilah kondisi ini. Maka, ketika Ibu mulai kehilangan ide untuk menyusun menu makan keluarga dan kehilangan semangat untuk melangkah ke dapur. Segera bayangkan wajah anak-anak dan suami saat menyantap masakanmu dengan lahap. Pujian bertubi-tubi yang diberikan padamu. Bukankah itu sudah cukup membuat hatimu bak taman bunga yang merekah?

Atau ketika Ibu lihat tumpukan baju kotor yang tak berkesudahan. Jemuran baju naik turun tanpa henti. Maka tumpukan pahala pun siap menjemputmu. Apalagi ketika Ibu menemukan lembaran berwarna biru atau merah di saku celana suami, meskipun hanya selembar bukankah itu sudah cukup membuatmu tersenyum bahagia?

Ibu, syukurilah apa yang kau miliki saat ini. Tunjukkanlah syukurmu itu dengan dedikasi tinggi untuk melayani dan membersamai keluarga. Bukankah Kita diperintahkan oleh Allah untuk bersyukur sebagaimana disebutkan dalam ayat berikut. Allah Ta’ala berfirman,

 وَلَقَدْ آَتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Luqman: 12)

Sudahkah bersyukur hari ini ?

 #odop #day9 #30dwc #day8



Komentar